Mengetahui Morfologi Tanaman Jagung Berikut Penjelasannya

06.32
Para petani di Indonesia sudah barang tentu pernah mencoba menanam tanaman jagung di lahan pertanian milik mereka. Tanaman jagung sangat cocok ditanam di lahan tropis seperti di Indonesia. Jenis tanah tropis memang sangat bagus ditanami berbagai macam jenis tanaman hotikultura termasuk jagung.

Pohon jagung (Zea mays) sangat mudah dibudidaya, karena meskipun tanahnya agak kering tanaman tersebut masih dapat tumbuh dan berkembang, dengan hasil buahnya yang dapat dipanen dalam jumlah melimpah.

Morfologi tanaman jagung yang dapat diamati oleh indera mata yakni, sistem perakarannya yang serabut, tergolong tumbuhan monokotil, memiliki daun seperti lembaran pita panjang, batangnya tidak berkayu karena tidak mempunyai kambium, jaringan pengangkutnya seperti floem dan xilem tersebar, serta bijinya berkeping tunggal (monokotil).


Varietas Jagung Arjuna
Varietas Jagung Arjuna, Photo Original by: Wahid Priyono (Fotografertani).

Selain itu, morfologi tanaman jagung lainnya adalah bunganya bertandan, bunga jagung tergolong bunga tidak sempurna, serta setiap ruas batangnya terdapat buah-buahnya yang dapat tumbuh 1 - 9 buah tergantung jenis/varietasnya. Berbagai jenis/varietas jagung yang sering ditanam di Indonesia diantaranya yaitu jagung varietas bima 1, bima 2, bima 3, bima 4, bima 5, jagung varietas bisi 2, jagung bisi 12, maupun varietas jagung bisi 16, jagung arjuna, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »